Rabu, 01 April 2009

Galakkan PHBS dengan Pembangunan Jamban Sehat

BERITA:


Hari/Tanggal: Selasa, 10 Maret 2009

BANGUNREJO - Untuk mewujudkan kecamatan yang sehat dan terbebas dari penyakit, tentunya bukan perkara mudah. Banyak usaha yang harus dilakukan untuk membuatnya menjadi semakin nyata.

Seperti yang dilakukan oleh Puskesmas Bangunrejo misalnya. Untuk mewujudkan hal tersebut, saat ini puskesmas tersebut sedang gencarnya melakukan sosialisasi penggunaan dan pembangunan jamban sehat.

Kepala Puskesmas Bangunrejo Dr.Dwi Kristiani saat di temui wartawan Koran ini mengatakan, pihaknya tengah berupaya untuk menerapkan pola hidup sehat dan bersih (PHBS) kepada masyarakat di lingkungan kerjanya.

"Saat ini kami terus melakukan sosialisasi mengenai pola hidup sehat kepada masyarakat. Meski dirasa kesadaran warga disini cukup kurang, kami masih tetap yakin kalau suatu saat mereka pasti akan mengerti arti pentingnya sebuah kesehatan," ujarnya.

Menurutnya, saat ini kesadaran masyarakat di kecematan setempat sudah mulai meningkat. "Hal ini terbukti dari meningkatnya jumlah warga yang telah menggunakan WC dengan bentuk leher angsa, dan mereka juga telah membuat lubang pembuangan tinja yang ideal," katanya.

Masih dikatakannya, jika lubang pembuangan yang ideal tersebut memiliki kedalaman minimal dari 3 meter. "Selain itu, lubang tersebut harus memiliki jarak minimal 10 meter dari sumur atau sumber air bersih. Hal itu dilakukan, agar resapan tinja tersebut tidak masuk ke dalam sumber air dan menyebabkan pencemaran," tandasnya.(*)
sumber : http://www.promosikesehatan.com/?act=news&id=472

Tidak ada komentar:

Posting Komentar